PANDUAN CEPAT PENGGUNA BARU

Selamat datang di Syoobe!
Pelajari lebih lagi bagaimana cara penggunaan website kami.

Belajar dari Video Tutorial Kunjungi

Buka Akun Syoobe mengunakan Facebook Login

Login Menggunakan Facebook Login. Pembuatan akun yang sangat mudah, Anda dapat menggunakan Facebook login untuk membuka akun Anda di Syoobe.
Klik Facebook Login untuk memulainya.

Facebook login

Masuk ke Facebook Login. Anda akan dibawa ke Halaman Facebook login untuk memasukan credential Anda.

Facebook login

Setelah Credential Berhasil di Verifikasi oleh Facebook, Anda Akan dibawa ke dashboard Syoobe, mohon untuk melengkapi data diri Anda di informasi akun guna menghindari ketidaklengkapan informasi dan untuk menghindari error login.

akun login

Buka Akun Syoobe menggunakan Google Login

Login Menggunakan Google Login. Anda dapat menggunakan Google login untuk membuka akun Anda di Syoobe, Klik Google Login untuk memulainya.

Google login

Masuk ke Google Login. Anda akan dibawa ke halaman Google login untuk memasukan credential Anda.

contoh login

Setelah credential berhasil diverifikasi oleh Google. Anda Akan dibawa ke dashboard Syoobe, mohon untuk melengkapi data diri Anda diinformasi akun guna menghindari ketidaklengkapan informasi dan untuk menghindari error login.

akun login

Buka akun Syoobe menggunakan nama atau alamat email

Pendaftaran menggunakan nama atau alamat email.
Anda harus memberikan Kami Informasi yang benar dan akurat ketika mendaftar.
Pastikan alamat email Anda valid dan nomor handphone anda aktif agar dapat menerima pesan singkat (SMS) OTP.
Isi setiap kolom yang di butuhkan, Kolom dengan tanda bintang akan bersifat wajib diisi, jika Anda ingin membuat nama toko di awal pendaftaran, Anda dapat memasukan nama tersebut di dalam kolom “Nama Toko”. Perlu diingat nama toko bersifat optional, centang recaptcha yang menandakan pendaftar bukanlah robot.
Klik tombol daftar untuk melanjutkan.

pendaftaran

Pastikan alamat email Anda benar. Ketika melakukan pendaftaran Syoobe, pastikan email yang kamu masukan benar dan tidak salah ketik.
Sebagian dari Anda mungkin mengalami beberapa masalah salah satunya adalah verifikasi email yang tak kunjung datang.
Cobalah masuk kembali ke email Anda, lakukan pengecekan pada pesan masuk, coba cek juga pada kotak spam.
Sistem Syoobe menerapkan email verifikasi untuk pendaftaran untuk mengamankan Akun Anda.

cek email

Verifikasi email Anda. Setelah pendaftaran, maka Anda akan menerima link aktivasi yang dikirimkan ke email Anda untuk dikonfirmasi.
Klik link yang dikirimkan agar proses pendaftaran menjadi lengkap.
Jika verifikasi email berhasil, Anda akan diarahkan ke website Syoobe dengan pemberitahuan "Akun Anda telah berhasil diverifikasi".
Perlu di ingat link akan menjadi kadaluarsa dalam kurun waktu 48 Jam. Harap periksa juga folder spam Anda.
Jika Anda tidak menerima verifikasi email Anda, silakan menghubungi customer care kami untuk bantuan lebih lanjut!

verifikasi

Cara kirim OTP menggunakan Google Authenticator

Unduh aplikasi Google Authenticator. Anda diharuskan mengunduh aplikasi Google Authenticator langsung dari Google play store, jika Anda sudah mempunyai aplikasinya di ponsel, Anda bisa melanjutkan untuk proses selanjutnya.

verifikasi OTP

Syoobe verifikasi dua faktor. Berikut adalah halaman dimana Syoobe akan meminta Anda untuk memverikasi dua faktor.
Ada 2 cara dengan mengunakan Google Authenticator atau melalui SMS atau kirim pesan singkat ke ponsel Anda.
Jika Anda memilih untuk menggunakan Google Authenticator untuk memverifikasinya, mohon diperhatikan sewaktu mendaftar untuk pertama kali di Syoobe harus mengunakan email yang dari Google dan harus dipastikan mengunakan email yang sama.
Jika tidak Google Authenticator akan mengirimkan error atau sewaktu Anda memasukkan 6 digit kode kedalam sistem Syoobe akan menyebabkan halaman tidak ditemukan atau 404 error.

halaman OTP

Tambahkan akun Google Anda. Setelah Anda berhasil mengunduh Google Authenticator di ponsel, tambahkan akun dengan cara mengklik tambahkan akun.
Email yang Anda tambahkan disini diharuskan akun yang sama Anda gunakan saat pendaftaran pertama kali di Syoobe.

tambah akun ke Google authenticator

Masukan 6 digit kode. Setelah penambahan akun berhasil di Google Authenticator, Anda akan melihat nama Anda di sudut kanan atas setelah nama website Syoobe.
Masukan 6 digit kode yang tertera di layar ponsel Anda, perlu diingat bahwa kode akan berubah-ubah dengan kurun waktu yang cepat.
Anda perlu memasukan 6 digit kode kedalam sistem syoobe dan klik tombol kirimkan.

masukan OTP

Dashboard Syoobe. Apabila verifikasi berhasil, maka akan di bawa ke dashboard Syoobe, jika verifikasi Gagal maka Anda akan menerima 404 error yang biasanya dikarenakan perbedaan email yang digunakan diwaktu pendaftaran.

akun login

Pembuatan Toko

Masuk ke Akun Syoobe. Untuk pembuatan toko, pertama-tama Anda harus masuk ke akun yang Anda sudah buat di akun pendaftaran, gunakan selalu dengan metode yang sama, contohnya jika Anda mengunakan Facebook login atau Google login saat pendaftaran Akun syoobe, Anda disarankan mengunakan metode yang sama setiap kali masuk ke akun Syoobe Anda.

halaman login

Dashboard Penjual. Pada halaman dashboard, silakan pilih menu penjual, pada menu kiri klik " Buat Toko", lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.

dashboard penjual

Buat Toko. Anda dapat memasukan kebijakan toko Anda pada waktu pembuatan toko dan jika Anda memiliki nomor NPWP, pastikan Anda mengisinya dan jika tidak mempunyai NPWP Anda bisa memilih dari opsi yang ada.

informasi toko buka toko informasi tambahan informasi npwp

Banner Toko. Anda dapat memasukan Banner toko Anda pada waktu pembuatan toko supaya toko Anda mempunyai ciri khas yang sesuai dengan produk yang Anda jual.
Banner yang disarankan adalah 1200px untuk lebarnya dan 360px untuk tingginya.

banner

Informasi Akun. Saat mengklik tautan Informasi Akun, Penjual akan diarahkan ke halaman Informasi Akun. Pada halaman ini penjual dapat dengan mudah mengedit informasi akunnya.
Pada informasi akun kami memiliki 5 tab berikut:

  • Informasi Pribadi
  • Rekening Bank
  • Alamat Pengembalian
  • Ganti Kata Sandi
  • Ganti Email
informasi akun

3 tab berikut adalah wajib diisi oleh penjual sebelum penjual dapat menambahkan produk:

  • Informasi Pribadi
  • Rekening Bank
  • Alamat Pengembalian
informasi pribadi

Informasi Pribadi.
Di bawah tab INFORMASI PRIBADI, Pembeli harus memberikan detail berikut:

  • Gambar Profil
  • Nama Lengkap
  • Nomor Telepon
  • Negara
  • Provinsi
  • Kota
  • Detail Alamat
  • Dashboard Pilihan
informasi akun penjual

Rekening Bank.
Di bawah tab REKENING BANK, pembeli harus memberikan detail berikut:

  • Nama Bank
  • Nama Pemegang Rekening
  • Nomor Rekening Bank
  • Kode Swift
  • Alamat Bank
rekening bank

Dan yang terakhir adalah lengkapi "Alamat pengembalian", Di bawah Tab ALAMAT PENGEMBALIAN, Pembeli harus memberikan detail berikut:

  • Nama Lengkap
  • Alamat Utama
  • Alamat Tambahan
  • Negara
  • Provinsi
  • Kota
  • Wilayah
  • Kode pos
  • Telepon/Handphone

Ketiga Tab tersebut adalah wajib diisi guna menjadi penjual di Syoobe.

alamat pengembalian

Dashboard Penjual

Dashboard penjual. Di Dashboard kami memiliki informasi berikut:

  • Total Penjualan
    Jumlah total penjualan - Penjualan akan dihitung setelah pesanan selesai.
  • Saldo Rekening
    Total saldo yang tersedia di dompet Penjual, Penjual mendapatkan jumlah penjualannya melalui penjualan yang dilakukan di Syoobe
  • Total Pesanan
    Jumlah total pesanan yang diterima - Hanya pesanan yang sudah selesai yang akan ditampilkan di bagian ini.
  • Total jumlah transaksi
    Jumlah total produk yang dijual oleh Penjual
  • Informasi Pengguna
    • Informasi Pribadi – Nama, Email, Telepon, Lokasi, dll.
    • Informasi Bank – Nama Bank, nomor Rekening Bank, Alamat Bank, dll.
      Informasi untuk menyetor jumlah di akun vendor
    • Alamat Pengembalian – Pembeli akan menerima detail ini jika terjadi Pengembalian Dana/Penukaran.
  • Grafik Penjualan – 12 bulan terakhir
    Di bagian ini, penjual memiliki informasi grafis tentang penjualan yang dilakukan dalam 12 bulan terakhir.
  • 5 Pesanan Terbaru
    Daftar 5 pesanan terbaru akan ditampilkan di bawah bagian ini.
  • Jumlah Produk
    Jumlah total produk yang ditambahkan oleh penjual
  • Permintaan penarikan Uang
    Di bagian ini, penjual dapat mengirim permintaan ke Syoobe mengenai jumlah yang akan ditarik dari akunnya.
  • Tambahkan produk saya
    Penjual dapat menambahkan produk yang dijual
  • Tampilan toko saya
    Di bagian ini penjual dapat melihat semua produk yang tersedia di Syoobe.
  • 5 Pesan Terbaru
    Di bagian ini kita akan memiliki daftar pesan terbaru yang diterima oleh penjual.
  • Tautan Panel Kiri
  • Dasbor pembeli
  • Informasi Akun
  • Aktivitas terbaru
  • Chat
  • Saldo saya
  • Referral
  • Point hadiah
  • Pesanan saya
  • Manajemen perselisihan
  • Produk favorit
  • Pusat bantuan
dashboard penjual laporan penjualan

Chat. Halaman chat menampilkan daftar semua pesan chat yang diterima antara penjual dan pembeli.
Untuk memulai opsi chat, biasanya dimulai dari produk penjual.
Pembeli dapat menanyakan langsung detail produk yang akan dibeli.
Kami memantau semua pesan chat yang dikirim melalui Syoobe guna menghindari kasus penipuan, penyalah gunaan, spam, dan pelanggaran lainnya terhadap kebijakan kami.

halaman chat

Saldo saya. Penjual dapat melihat saldo yang ada, pada halaman ini juga menampilkan semua transaksi penjualan.

halaman login

Penarikan Dana. Saat mengklik PERMINTAAN PENARIKAN Penjual dapat meminta penarikan. Penjual harus mengisi rincian berikut untuk meminta penarikan:

  • Jumlah penarikan
  • Nama Bank – Akan diisi sebelumnya dari detail yang ditambahkan oleh penjual
  • Nama Penerima/Pemegang Rekening – Akan diisi sebelumnya sesuai dengan rincian yang ditambahkan oleh penjual.
  • Nomor Rekening Bank – Akan diisi sebelumnya sesuai detail yang ditambahkan oleh penjual.
  • Kode Swift – Akan diisi sebelumnya sesuai detail yang ditambahkan oleh penjual.
  • Alamat Bank - Akan diisi sebelumnya sesuai detail yang ditambahkan oleh penjual.
  • Komentar
informasi saldo

Penjualan. Di halaman ini, laporan penjualan, baik total penjualan, saldo rekening, total pesanan dan jumlah transaksi dapat dilihat secara terperinci.
5 pesanan paling baru menampilkan 5 penjualan transaksi terakhir.
Permintaan penarikan uang, Tambahkan produk baru, Tampilan toko saya juga tersedia dihalaman ini.

saldo saat ini

Produk saya. Di halaman produk saya menampilkan semua produk aktif yang tersedia, Anda dapat mengunakan opsi untuk ubah produk, opsi berhenti sebentar, atau opsi menghapus dari ikon yang ada di kolom tindakan.
Tampilan toko saya dan Tambahkan produk juga tersedia di halaman ini.

produk saya

Produk dijeda. Kegunaan dari opsi Produk dijeda adalah jika stok penjual habis atau penjual ingin berlibur tetapi tidak ingin kegiatan toko online di Syoobe mengganggu kegiatan Anda , sehingga dengan opsi ini dapat menjeda untuk sementara waktu tidak muncul didalam mesin pencari Syoobe.
Klik ikon menerbitkan jika Anda ingin mengembalikan produk yang dijeda kembali ke produk aktif dan akan muncul di mesin pencari Syoobe.
Anda dapat mengunakan opsi untuk ubah produk, atau opsi menghapus dari ikon yang ada di kolom tindakan.
Tampilan toko saya dan Tambahkan produk juga tersedia di halaman ini.

produk dijeda

Pilihan / Variants. Menu Pilihan/Varians adalah menu yang menampilkan detail barang secara terperinci seperti ukuran, warna dan bagian lain yang ingin disebutkan dalam produk.
Harga yang dicantumkan adalah harga penjualan pada tab menu umum ditambahkan dengan harga penambahan atau pengurangan yang ditetapkan pada menu pilihan demikian juga dengan berat produk dapat ditambahkan atau dikurangkan.
Semua pilihan atau varian yang sudah pernah dibuat akan ditampilkan di halaman ini. Penjual juga memiliki opsi Tambah pilihan

pilih variant

Tambah Pilihan. Penjual dapat menambahkan opsi ini jika diperlukan. Kami percaya beberapa produk yang dijual di Syoobe memiliki corak dan ragam yang berbeda sehinga kemungkinan untuk harga penjualan yang berbeda akan menjadi opsi pilihan ini.

tambahkan variant

Manajemen Perselisihan. Menu manajemen perselisihan adalah menu untuk mengatasi perselisihan antara penjual dengan pembeli dan Syoobe sebagai pihak ketiga.
Permintaan pengembalian Pada halaman Permintaan Pengembalian, penjual dapat melihat daftar permintaan Pengembalian/Penukaran yang diterima dari pembeli. Pemasok dapat melihat informasi berikut tentang permintaan pengembalian:

  • Kode – Otomatis dihasilkan oleh sistem
  • Tanggal – Tanggal pengajuan permintaan
  • Nomor Faktur – ID pesanan atau id suborder
  • Produk – Nama Produk
  • Jumlah produk dikembalikan – Kuantitas produk
  • Status – Status permintaan seperti: Tertunda, Ditarik, Dikembalikan, dll.
  • Tindakan – Lihat detail permintaan.

Untuk Produk Digital kategori Unduh Instan maupun Layanan Jasa tidak dapat mengunakan kedua opsi dari manajemen perselisihan ini.

manajement perselisihan

Lihat permintaan pengembalian. Saat mengklik ikon lihat detail, Penjual akan diarahkan ke halaman percakapan. Di halaman ini penjual dapat mengirim pesan kepada Pembeli mengenai permintaannya.
Saat mengklik tombol Setujui Pengembalian, dana akan dikembalikan ke pembeli.
Catatan: Jika penjual ingin mengeskalasi perselisihan ini ke Syoobe maka dia dapat melakukan hal yang sama dengan mengklik Teruskan ke Syoobe.

permintaan pengembalian ketik pesan

Permintaan pembatalan. Pada halaman ini penjual dapat melihat daftar permintaan pembatalan. Penjual dapat melihat detail berikut tentang permintaan:

  • Kode
  • Tanggal
  • Nomor Faktur
  • Detail permintaan
  • Status
  • Tindakan.
    permintaan pembatalan

    Tindakan Pada tab tindakan, penjual dapat melihat detail berikut:

    • Terima permintaan - Hanya penjual yang memiliki akses untuk menerima permintaan dari pembeli.
      permintaan pembatalan penjual
    • Batalkan permintaan - Penjual dapat membatalkan permintaan pembeli.
      batalkan permintaan

Pusat Bantuan. Banyak cara untuk menghubungi pusat bantuan Syoobe, salah satunya adalah mengisi form kontak.
Anda dapat juga membuka Tiket melalui sistem tiket Syoobe atau melalui Live Chat.
Kamu tidak pernah sendiri, beritahu kami jika memerlukan bantuan untuk membantu menemukan solusi atas masalah yang Anda hadapi.

pusat bantuan

Tambahkan Produk (Aneka Produk)

Pengaturan Produk. Ada beberapa tab yang tersedia, pada tab Umum.
Pada langkah pertama, Penjual harus mengisi informasi berikut tentang suatu produk:

  • Silahkan pilih jenis produk - Jenis produk adalah pilihan produk yang di jual diantaranya adalah : Produk Digital dan Aneka produk. Penjual dapat memilih Aneka Produk.
  • Nama Produk - Nama produk mengarah pada nama yang penjual berikan pada produk/barang yang akan di iklankan di toko.
  • Kata kunci URL - Kata kunci URL membuat produk Anda lebih mudah untuk di telusuri dalam mesin pencari, bagian ini akan otomatis terisi.
  • Merek / Produsen - Merek / Produsen adalah merek barang produk anda.
  • Kategori produk - Gunakan kategori toko yang benar agar produkmu di toko mudah ditemukan oleh pembeli.
  • Harga penjualan - Nilai keseluruhan produk yang anda tetapkan setelah di tambahkan biaya administrasi.
  • Jumlah produk - Banyaknya produk yang ada yang akan di tawarkan kepada pembeli.
  • Min pembelian - Jumlah minimum pembelian produk.
  • Model - Kode yang mengacu pada contoh, acuan, ragam dari sebuah produk.
  • Sku - Kode unik yang diberikan pada setiap item produk/barang.
  • Kondisi produk - Barang/produk yang dapat diperjualbelikan dalam kondisi Sebenarnya saat ini.
  • Gambar produk - Gambar yang menjelaskan produk.
  • Deskripsi produk - Keterangan dari produk yang akan di jual.
dashboard penjual model

Untuk Gambar produk kami menyarankan dimensi gambar harus lebih besar dari 500 pixels agar gambar lebih jelas, penjual dapat menambahkan gambar lebih dari satu.

Untuk mempercantik tampilan produk, Kami menyarankan agar gambar-gambar yang diunggah tanpa background belakang. Saat menambahkan produk, Penjual juga dapat mengatur gambar sebagai gambar utama untuk halaman detail produk.

gambar produk

Setelah menandai gambar sebagai gambar utama, akan ditampilkan di depan semua gambar.

gambar utama

Rincian Ukuran dan Satuan Paket . Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Panjang, lebar dan tinggi - Ukuran yang di pakai untuk paket/box pengiriman kurir.
  • Satuan panjang - Pilihan Inci atau CM saat anda mengukur paket/box untuk pengiriman kurir.
  • Berat produk - Berat paket yang Anda kemas.
  • Satuan berat - Pilihan gram atau kilogram untuk menentukan berat paket/box pengiriman Anda

Semua informasi ini akan membantu pembeli untuk menentukan metode pengiriman paket.

Informasi pengiriman Barang. Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Negara asal - Negara yang biasanya menjadi lokasi asal pengiriman produk Anda.
  • Gratis ongkir - Pilihan kurir yang penjual akan berikan untuk pembeli. Perhatikan kembali gratis ongkir sepenuhnya atau ditanggung sebagian, berikan keterangan yang jelas agar pembeli memahaminya pada kolom pengiriman dan kebijakan
    Jika Anda mencentang pilihan gratis ongkir, Anda tetap harus menambahkan setidaknya satu opsi pilihan pengiriman supaya pembeli mengetahui opsi pengiriman yang tertera adalah gratis ongkir.
    Pilihan ini akan membebankan ongkos kirim kepada sejumlah yang diinput.
optimasi mesin pencari

Optimasi Mesin pencari. Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Nama meta tag - Strategi SEO yang membantu menampilkan website pada halaman hasil pencarian.
  • Keterangan meta tag - Deskripsikan secara singkat isi dari meta tag.
  • Kata kunci meta tag - keyword kode yang digunakan untuk menunjukkan daftar kata kunci yang relevan dengan produk.
  • Tag - keyword kode yang digunakan untuk menunjukkan daftar kata kunci yang relevan dengan produk.
meta tag

Data. Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Perhitungan jumlah stok - Jumlah stok barang yang tersedia di gudang pada saat ini.
  • Lacak stok barang - Cek Jumlah Stok barang setelah dikurangi dengan Pembelian.
  • Jumlah stok produk minimum - Jumlah stok batas minimal yang akan menjadi pengingat untuk penjual.
  • Video Youtube - Link youtube yang dapat di sertakan untuk informasi produk anda.
  • Tanggal tersedia - Tanggal tersedia merupakan tanggal produk saat pertama kali ditayangkan ditoko.
  • Status produk - Tampilan status aktif atau tidak aktif produk pada halaman toko.
  • Tampilkan pesanan - Tampilan jumlah produk yang penjual ingin tampilkan.
  • Penyaringan produk- Menyaring produk dengan tujuan menemukan produk yang lebih sesuai dengan yang ditampilkan.
  • Produk-produk terkait - Menampilkan produk-produk yang serupa.
data pengaturan produk

Spesifikasi produk. Pada tab ini, penjual dapat menambahkan spesifikasi produk jika diperlukan.
Catatan: Hanya Syoobe yang dapat menambahkan daftar spesifikasi baru, hubungi customer care kami untuk menambahkan daftar spesifikasi baru jika diperlukan. Penjual dapat memilih salah satu spesifikasi dari daftar spesifikasi dari saran otomatis.

Pilih bagian di spesifikasi, setelah pilih, Anda dapat menambahkan isian pada Text sesuai dengan keterangan spesifik produk Anda.

spesifikasi produk

Kompatibilitas. Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Ban mobil - Produsen, Tahun, Varian, Ukuran ban.
  • Spare part mobil - Produsen, Tahun, Model, Trim.
  • Spare part motor - Produsen, Tahun, Model.

Tab Kompatibilitas diperlukan Jika Anda menjual produk otomotif.
Ajukan permintaan baru kompatibilitas jika Anda tidak menemukannya di dalam Database kami.

kompatibilitas

Pilihan. Tab pilihan adalah pilihan bagi penjual yang memiliki kebutuhan yang berbeda dan ingin menambahkan warna atau ukuran dengan lebih detail serta penambahan/pengurangan harga atau berat produk. Catatan :Untuk Penambahan harga adalah harga penjualan yang sudah ada, di tambahkan dengan nilai pilihan ini, begitu juga dengan berat

pilihan

Setelah memilih opsi akan menambahkan baris untuk memilih nilai opsi yang tersedia disistem.

tambah pilihan

Saat mengklik ikon plus(+) akan menambahkan lebih banyak sub-opsi di bawah opsi.
mengklik ikon plus(+), penjual dapat menambahkan lebih opsi pilihan.
Saat mengklik ikon minus(-), akan menghapus opsi pilihan tertentu yang ditambahkan untuk suatu produk.
Saat mengklik ikon hapus(x), Penjual dapat menghapus opsi untuk produk. Silakan temukan tangkapan layar di bawah ini:

buat pilihan tambahan

Penjual dapat membuat opsi baru dengan mengklik "buat opsi/varian baru"

halaman login

Pengembalian. Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Apakah barang yang sudah dibeli dapat dikembalikan - Pilihan penjual untuk produk apakah dapat di kembalikan, jika dapat maka penjual dapat memberi tahu pembeli melalui pertanyaan ini.
  • Durasi pengembalian - Lama waktu yang penjual berikan pada produk saat sudah diterima oleh pembeli untuk dapat di kembalikan.
  • Ongkir pengembalian ditanggung oleh - Kesepakatan dari pihak penjual apabila produk yang dikirim mengalami kendala kepada pihak mana biaya ongkir akan dibebankan jika produk tersebut harus di kembalikan.

Untuk produk makanan jadi disarankan tidak menerima pengembalian barang.

pengembalian produk

Manajemen Diskon.
Tab manajemen diskon adalah diskon untuk produk yang anda jual namun harus diperhatikan sbb:
Diskon jumlah masal adalah diskon yang diberikan penjual kepada pembeli dengan jumlah barang yang sudah ditentukan dan diurutkan berdasarkan pilihan yang sudah ditetapkan sebelumnya di tab pilihan dengan diskon harga yang ditentukan, Harga diskon yang diberikan adalah harga penjual yang sudah dikurangi dan ditetapkan sebagai harga diskon.
Penjual perlu mengisi info berikut untuk menambahkan diskon jumlah masal untuk suatu produk:

  • Jumlah produk - Banyaknya kuantitas yang ditentukan penjual untuk diskon masal berlaku
  • Nomor urut - Tampilan harga di produk detail, jika nomor urut 1 akan berada ditampilan paling atas.
  • Harga - Harga setelah Diskon
  • Tanggal Mulai - Penjual dapat menyetel kapan untuk memulai diskon masal
  • Tanggal akhir - Penjual dapat menyetel kapan berakhirnya diskon masal

Contoh: Harga produk awal sebelum diskon adalah 400Rb. Untuk diskon sebesar 20Rb, Maka harga setelah diskon yang akan dimasukan kedalam tabel harga adalah sebesar 380Rb untuk Jumlah produk 2 untuk nomor urut 1

Penjelasannya: Jika pembeli membeli produk dengan banyaknya Kuantitas 2 maka pembeli mendapatkan jumlah harga sebesar 760Rb. Harga ini belum termasuk biaya transaksi yang akan ditambahkan termasuk ongkir waktu melakukan pembayaran akhir.

diskon massal

Saat mengklik tombol plus(+), akan menampilkan bidang untuk menambahkan diskon jumlah masal untuk suatu produk.
Saat mengklik ikon minus(-), akan menghapus diskon tertentu yang terkait dengan produk itu.

diskon massal penjual

Diskon khusus adalah diskon untuk produk tertentu yang sudah ditetapkan pada menu pilihan sesuai urutan untuk diberikan diskon dengan harga khusus.
Di bawah tab khusus, penjual perlu menambahkan informasi berikut tentang diskon khusus:

  • Nomor urut - Tampilan harga di produk detail, jika nomor urut 1 akan berada ditampilan paling atas.
  • Harga - Harga setelah Diskon
  • Tanggal Mulai - Penjual dapat menyetel kapan untuk memulai diskon khusus
  • Tanggal akhir - Penjual dapat menyetel kapan berakhirnya diskon khusus

Contoh: Harga produk awal sebelum diskon adalah 400Rb. Untuk diskon sebesar 20Rb, Maka harga khusus setelah diskon yang akan dimasukan kedalam tabel harga adalah sebesar 380Rb untuk nomor urut 1

Penjelasannya: Jika pembeli membeli produk, maka pembeli mendapatkan jumlah harga sebesar 380Rb. Harga ini belum termasuk biaya transaksi yang akan ditambahkan termasuk ongkir waktu melakukan pembayaran akhir.

diskon khusus

Saat mengklik tombol plus(+), akan menampilkan bidang untuk menambahkan diskon khusus untuk suatu produk.
Saat mengklik ikon minus(-), akan menghapus diskon tertentu yang terkait dengan produk itu.

diskon khusus detail

Tambahkan Produk Digital ( Unduh Instan)

Pengaturan Produk. Ada beberapa tab yang tersedia, pada tab Umum.
Unduh Instan adalah pembeli dapat mengunduh produk secara langsung setelah melengkapi pembayaran.

Contoh produk dalam kategori ini adalah Kursus online, Audio & Musik, Paket Pelatihan Kebugaran, Software / Perangkat lunak, Tiket & Events. E-book & Media.
Pada langkah pertama, Penjual harus mengisi informasi berikut tentang suatu produk:

  • Silahkan pilih jenis produk - Jenis produk adalah pilihan produk yang di jual diantaranya adalah : Produk Digital dan Aneka produk. Penjual dapat memilih Produk digital.
  • Nama Produk - Nama produk mengarah pada nama yang penjual berikan pada produk/barang yang akan di iklankan di toko.
  • Metode unggahan - Produk digital mempunyai dua kategori yang dibedakan menurut Metode unggahan yang akan menentukan apakah produk Anda adalah Unduh Instan atau Layanan jasa. Silahkan pilih metode unggahan Unduh Instan dibagian ini.
  • Kata kunci URL - Kata kunci URL membuat produk Anda lebih mudah untuk di telusuri dalam mesin pencari, bagian ini akan otomatis terisi.
  • Kategori produk - Gunakan kategori toko yang benar agar produkmu di toko mudah ditemukan oleh pembeli.
  • Harga penjualan - Nilai keseluruhan produk yang anda tetapkan setelah di tambahkan biaya administrasi.
  • Gambar produk - Gambar yang menjelaskan produk.
  • Deskripsi produk - Keterangan dari produk yang akan di jual.
digital produk pengaturan produk

Untuk Gambar produk kami menyarankan dimensi gambar harus lebih besar dari 500 pixels agar gambar lebih jelas, penjual dapat menambahkan gambar lebih dari satu.
Untuk mempercantik tampilan produk, Kami menyarankan agar gambar-gambar yang diunggah tanpa background belakang. Saat menambahkan produk, Penjual juga dapat mengatur gambar sebagai gambar utama untuk halaman detail produk.

gambar produk

Setelah menandai gambar sebagai gambar utama, akan ditampilkan di depan semua gambar.

gambar produk utama

Download name/Files.
Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Nama unduhan - Nama yang diberikan pada Produk Unduhan yang akan di jual.
  • Nama file - Nama yang diberikan pada file yang akan di unduh oleh pembeli.
  • Batas unduhan berlaku - Berapa kali file dapat di unduh oleh pembeli, setelah itu pembeli tidak akan dapat mengunduh file anda lagi. Untuk memberikan batas unduhan tanpa batas, mohon masukan input -1.
  • Keabsahan hari - Lamanya hari untuk File ini akan dapat pembeli unduh.
    Untuk memberikan keabsahan hari tanpa batas, mohon masukan input -1.
optimasi mesin pencari

Optimasi Mesin pencari.
Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Nama meta tag - Strategi SEO yang membantu menampilkan website pada halaman hasil pencarian.
  • Keterangan meta tag - Deskripsikan secara singkat isi dari meta tag.
  • Kata kunci meta tag - keyword kode yang digunakan untuk menunjukkan daftar kata kunci yang relevan dengan produk.
  • Tag - keyword kode yang digunakan untuk menunjukkan daftar kata kunci yang relevan dengan produk.
seo

Data.
Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Video Youtube - Link youtube yang dapat di sertakan untuk informasi produk anda.
  • Tanggal tersedia - Tanggal tersedia merupakan tanggal produk saat pertama kali ditayangkan ditoko.
  • Tampilkan pesanan - Tampilan jumlah produk yang penjual ingin tampilkan.
  • Penyaringan produk- Menyaring produk dengan tujuan menemukan produk yang lebih sesuai dengan yang di tampilkan.
  • Produk-produk terkait - Menampilkan produk-produk yang serupa.
halaman login

Manajemen Diskon.
Tab manajemen diskon adalah diskon untuk produk yang anda jual namun harus diperhatikan sbb:
Diskon jumlah masal adalah diskon yang diberikan penjual kepada pembeli dengan jumlah produk yang sudah ditentukan dan diurutkan berdasarkan pilihan yang sudah ditetapkan sebelumnya di tab pilihan dengan diskon harga yang ditentukan, Harga diskon yang diberikan adalah harga penjual yang sudah dikurangi dan ditetapkan sebagai harga diskon.
Penjual perlu mengisi info berikut untuk menambahkan diskon jumlah masal untuk suatu produk:

  • Jumlah produk - Banyaknya kuantitas yang ditentukan penjual untuk diskon masal berlaku
  • Nomor urut - Tampilan harga di produk detail, jika nomor urut 1 akan berada ditampilan paling atas.
  • Harga - Harga setelah Diskon
  • Tanggal Mulai - Penjual dapat menyetel kapan untuk memulai diskon masal
  • Tanggal akhir - Penjual dapat menyetel kapan berakhirnya diskon masal

Contoh: Harga produk awal sebelum diskon adalah 400Rb. Untuk diskon sebesar 20Rb, Maka harga setelah diskon yang akan dimasukan kedalam tabel harga adalah sebesar 380Rb untuk Jumlah produk 2 untuk nomor urut 1

Penjelasannya: Jika pembeli membeli produk dengan banyaknya Kuantitas 2 maka pembeli mendapatkan jumlah harga sebesar 760Rb. Harga ini belum termasuk biaya transaksi yang akan ditambahkan termasuk ongkir waktu melakukan pembayaran akhir.

diskon masal

Saat mengklik tombol plus(+), akan menampilkan bidang untuk menambahkan diskon jumlah masal untuk suatu produk.
Saat mengklik ikon minus(-), akan menghapus diskon tertentu yang terkait dengan produk itu.

diskon masal penjual

Diskon khusus adalah diskon untuk produk tertentu yang sudah ditetapkan pada menu pilihan sesuai urutan untuk diberikan diskon dengan harga khusus.
Di bawah tab khusus, penjual perlu menambahkan informasi berikut tentang diskon khusus:

  • Nomor urut - Tampilan harga di produk detail, jika nomor urut 1 akan berada ditampilan paling atas.
  • Harga - Harga setelah Diskon
  • Tanggal Mulai - Penjual dapat menyetel kapan untuk memulai diskon khusus
  • Tanggal akhir - Penjual dapat menyetel kapan berakhirnya diskon khusus

Contoh: Harga produk awal sebelum diskon adalah 400Rb. Untuk diskon sebesar 20Rb, Maka harga khusus setelah diskon yang akan dimasukan kedalam tabel harga adalah sebesar 380Rb untuk nomor urut 1

Penjelasannya: Jika pembeli membeli produk, maka pembeli mendapatkan jumlah harga sebesar 380Rb. Harga ini belum termasuk biaya transaksi yang akan ditambahkan termasuk ongkir waktu melakukan pembayaran akhir.

diskon khusus

Saat mengklik tombol plus(+), akan menampilkan bidang untuk menambahkan diskon khusus untuk suatu produk.
Saat mengklik ikon minus(-), akan menghapus diskon tertentu yang terkait dengan produk itu.

diskon khusus penjual

Tambahkan Produk Digital ( Layanan Jasa)

Pengaturan Produk. Ada beberapa tab yang tersedia, pada tab Umum.
Layanan jasa adalah produk dimana dibutuhkan komunikasi timbal balik antara Pembeli dan penjual guna mewujudkan produk yang dijual tersebut

Contoh produk dalam kategori ini adalah jasa ide & kreativitas, jasa dekorasi, jasa kesehatan, jasa konsultan, jasa logo design & grafis, jasa pembuatan gerobak & tempat usaha, jasa pembuatan pakaian, jasa pembuatan situs web & template, jasa penitipan hewan peliharaan, jasa penulisan dokumen, jasa penyalur, jasa penyuntingan video & ucapan elektronik, jasa perbaikan & pengecatan kendaraan, jasa perencanaan acara, jasa potong rambut panggilan, jasa renovasi rumah, jasa SEO, jasa service perbaikan, jasa sewa & peminjaman alat, jasa sewa kostum adat daerah, jasa terjemahan, jasa tour & travel dalam/luar negri, jasa bisnis & industri dan jasa kebersihan.
Pada langkah pertama, Penjual harus mengisi informasi berikut tentang suatu produk:

  • Silahkan pilih jenis produk - Jenis produk adalah pilihan produk yang di jual diantaranya adalah : Produk Digital dan Aneka produk. Penjual dapat memilih Produk digital.
  • Nama Produk - Nama produk mengarah pada nama yang penjual berikan pada produk/barang yang akan di iklankan di toko.
  • Metode unggahan - Produk digital mempunyai dua kategori yang dibedakan menurut Metode unggahan yang akan menentukan apakah produk Anda adalah Unduh Instan atau Layanan jasa. Silahkan pilih metode unggahan Layanan jasa dibagian ini.
  • Kata kunci URL - Kata kunci URL membuat produk Anda lebih mudah untuk di telusuri dalam mesin pencari, bagian ini akan otomatis terisi.
  • Kategori produk - Gunakan kategori toko yang benar agar produkmu di toko mudah ditemukan oleh pembeli.
  • Harga penjualan - Nilai keseluruhan produk yang anda tetapkan setelah di tambahkan biaya administrasi.
  • Gambar produk - Gambar yang menjelaskan produk.
  • Informasi pengalaman penjual - Informasi pengalaman penjual pada produk digital merupakan penjelasan kemampuan penjual yang dikuasai untuk meyakinkan pembeli untuk lebih mengenai penjual sebagai penyedia layanan jasa.
  • Deskripsi produk - Keterangan dari produk yang akan di jual.
  • Waktu proses penjual - Banyaknya waktu yang dibutuhkan penjual untuk menyelesaikan pesanan pembeli.
layanan jasa produk layanan jasa

Optimasi Mesin pencari.
Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Nama meta tag - Strategi SEO yang membantu menampilkan website pada halaman hasil pencarian.
  • Keterangan meta tag - Deskripsikan secara singkat isi dari meta tag.
  • Kata kunci meta tag - keyword kode yang digunakan untuk menunjukkan daftar kata kunci yang relevan dengan produk.
  • Tag - keyword kode yang digunakan untuk menunjukkan daftar kata kunci yang relevan dengan produk.
meta tab

Data.
Berikut adalah informasi yang tersedia:

  • Video Youtube - Link youtube yang dapat di sertakan untuk informasi produk anda.
  • Tanggal tersedia - Tanggal tersedia merupakan tanggal produk saat pertama kali ditayangkan ditoko.
  • Tampilkan pesanan - Tampilan jumlah produk yang penjual ingin tampilkan.
  • Penyaringan produk- Menyaring produk dengan tujuan menemukan produk yang lebih sesuai dengan yang di tampilkan.
  • Produk-produk terkait - Menampilkan produk-produk yang serupa.
produk terkait

Manajemen Diskon.
Tab manajemen diskon adalah diskon untuk produk yang anda jual namun harus diperhatikan sbb:
Diskon jumlah masal adalah diskon yang diberikan penjual kepada pembeli dengan jumlah produk yang sudah ditentukan dan diurutkan berdasarkan pilihan yang sudah ditetapkan sebelumnya di tab pilihan dengan diskon harga yang ditentukan, Harga diskon yang diberikan adalah harga penjual yang sudah dikurangi dan ditetapkan sebagai harga diskon.
Penjual perlu mengisi info berikut untuk menambahkan diskon jumlah masal untuk suatu produk:

  • Jumlah produk - Banyaknya kuantitas yang ditentukan penjual untuk diskon masal berlaku
  • Nomor urut - Tampilan harga di produk detail, jika nomor urut 1 akan berada ditampilan paling atas.
  • Harga - Harga setelah Diskon
  • Tanggal Mulai - Penjual dapat menyetel kapan untuk memulai diskon masal
  • Tanggal akhir - Penjual dapat menyetel kapan berakhirnya diskon masal

Contoh: Harga produk awal sebelum diskon adalah 400Rb. Untuk diskon sebesar 20Rb, Maka harga setelah diskon yang akan dimasukan kedalam tabel harga adalah sebesar 380Rb untuk Jumlah produk 2 untuk nomor urut 1

Penjelasannya: Jika pembeli membeli produk dengan banyaknya Kuantitas 2 maka pembeli mendapatkan jumlah harga sebesar 760Rb. Harga ini belum termasuk biaya transaksi yang akan ditambahkan termasuk ongkir waktu melakukan pembayaran akhir.

diskon masal

Saat mengklik tombol plus(+), akan menampilkan bidang untuk menambahkan diskon jumlah masal untuk suatu produk.
Saat mengklik ikon minus(-), akan menghapus diskon tertentu yang terkait dengan produk itu.

diskon khusus

Diskon khusus adalah diskon untuk produk tertentu yang sudah ditetapkan pada menu pilihan sesuai urutan untuk diberikan diskon dengan harga khusus.
Di bawah tab khusus, penjual perlu menambahkan informasi berikut tentang diskon khusus:

  • Nomor urut - Tampilan harga di produk detail, jika nomor urut 1 akan berada ditampilan paling atas.
  • Harga - Harga setelah Diskon
  • Tanggal Mulai - Penjual dapat menyetel kapan untuk memulai diskon khusus
  • Tanggal akhir - Penjual dapat menyetel kapan berakhirnya diskon khusus

Contoh: Harga produk awal sebelum diskon adalah 400Rb. Untuk diskon sebesar 20Rb, Maka harga khusus setelah diskon yang akan dimasukan kedalam tabel harga adalah sebesar 380Rb untuk nomor urut 1

Penjelasannya: Jika pembeli membeli produk, maka pembeli mendapatkan jumlah harga sebesar 380Rb. Harga ini belum termasuk biaya transaksi yang akan ditambahkan termasuk ongkir waktu melakukan pembayaran akhir.

tambahkan diskon

Saat mengklik tombol plus(+), akan menampilkan bidang untuk menambahkan diskon khusus untuk suatu produk.
Saat mengklik ikon minus(-), akan menghapus diskon tertentu yang terkait dengan produk itu.

tambahkan diskon khusus penjual

Dashboard pembeli

Dashboard pembeli. Di Dashboard kami memiliki informasi berikut:

  • Total Pembelian
    Jumlah total pembelian akan dihitung dari pesanan yang dibayar saja.
  • Total saldo
    Total saldo adalah saldo dompet. Pembeli bisa mendapatkan kredit dalam kasus Pembatalan pesanan ataupun Pengembalian Pesanan
  • Total Pesanan
    Jumlah pesanan yang dilakukan oleh pembeli.
  • Kotak pesan
    Jumlah total pesan diterima yang belum dibaca yang diterima oleh pembeli.
    Catatan: Pembeli hanya dapat mengirimkan pesan ke Penjual melalui halaman detail produk.
  • 5 Pesanan paling baru
    Daftar 5 pesanan terakhir yang dibuat oleh pembeli akan ditampilkan di bawah bagian ini.
  • 5 Pesan Terbaru
    Di bagian ini pembeli akan memiliki daftar pesan terbaru yang diterima.

Tautan Panel Kiri

  • Dasbor pembeli
  • Informasi Akun
  • Aktivitas Terbaru
  • Chat
  • Saldo saya
  • Referral
  • Point hadiah
  • Pesanan saya
  • Manajemen perselisihan
  • Produk favorit
  • Pusat bantuan
dashboard pembeli

Informasi Akun. Saat mengklik tautan Informasi Akun, Pembeli akan diarahkan ke halaman Informasi Akun. Pada halaman ini pembeli dapat dengan mudah mengedit informasi akunnya.
Pada informasi akun kami memiliki 4 tab berikut:

  • Informasi Pribadi
  • Rekening Bank
  • Ganti Kata Sandi
  • Ganti Email

informasi akun

Informasi Pribadi.
Di bawah tab INFORMASI PRIBADI, Pembeli harus memberikan detail berikut:

  • Gambar Profil
  • Nama Lengkap
  • Nomor Telepon
  • Negara
  • Provinsi
  • Kota
  • Detail Alamat
  • Dashboard Pilihan
akun pembeli

Rekening Bank.
Di bawah tab REKENING BANK, pembeli harus memberikan detail berikut:

  • Nama Bank
  • Nama Pemegang Rekening
  • Nomor Rekening Bank
  • Kode Swift
  • Alamat Bank
ganti kata sandi Kolom dengan tanda asterisk (*) adalah kolom wajib

Ganti email.
Di halaman ini Pembeli dapat mengubah email untuk akun ini.
Pembeli harus mengisi kolom berikut untuk mengubah emailnya:

  • Email Baru
  • Konfirmasi Email
  • Kata sandi saat ini
ganti email

Aktivitas terbaru. Pada halaman ini pembeli dapat melihat aktivitas terbarunya di website.
Sebagai contoh:

  • Produk Favorit yang baru ditambahkan
  • Toko yang baru ditambahkan sebagai favo/lit
aktivitas

Chat. Halaman chat menampilkan daftar semua pesan chat yang diterima antara penjual dan pembeli.
Untuk memulai opsi chat, biasanya dimulai dari produk penjual.
Pembeli dapat menanyakan langsung detail produk yang akan dibeli.
Kami memantau semua pesan chat yang dikirim melalui Syoobe guna menghindari kasus penipuan, penyalah gunaan, spam, dan pelanggaran lainnya terhadap kebijakan kami.

halaman caht

Saldo saya. Penjual dapat melihat saldo yang ada, pada halaman ini juga menampilkan semua transaksi penjualan.

saldo saya

Penarikan Dana. Saat mengklik PERMINTAAN PENARIKAN Penjual dapat meminta penarikan. Penjual harus mengisi rincian berikut untuk meminta penarikan:

  • Jumlah penarikan
  • Nama Bank – Akan diisi sebelumnya dari detail yang ditambahkan oleh penjual
  • Nama Penerima/Pemegang Rekening – Akan diisi sebelumnya sesuai dengan rincian yang ditambahkan oleh penjual.
  • Nomor Rekening Bank – Akan diisi sebelumnya sesuai detail yang ditambahkan oleh penjual.
  • Kode Swift – Akan diisi sebelumnya sesuai detail yang ditambahkan oleh penjual.
  • Alamat Bank - Akan diisi sebelumnya sesuai detail yang ditambahkan oleh penjual.
  • Komentar
penarikan dana

Referral. Di halaman ini, pembeli dapat melihat tautan undangan dan dapat membagikannya ke teman-teman mereka di sosial media seperti Facebook, Twitter & Email.

referal

Point hadiah. Di halaman ini, pembeli dapat melihat saldo saat ini dari hadiah yang diterima dari referral program yang ditempatkan melalui tautan rujukan.

point hadiah

Pesanan saya. Di halaman ini, pembeli dapat melihat daftar seluruh pesanan yang telah dilakukan. Untuk pembelian produk digital dapat dilihat di Informasi Unduhan.

transaksi pembelian

Manajemen Perselisihan. Menu manajemen perselisihan adalah menu untuk mengatasi perselisihan antara pembeli dengan penjual dan Syoobe sebagai pihak ketiga.
Untuk Produk Digital kategori Unduh Instan maupun Layanan Jasa tidak dapat mengunakan kedua opsi dari manajemen perselisihan ini.

manajement perselisihan

Cara mengajukan permintaan pengembalian Pada halaman dashboard pembeli, pilih dari daftar pembelian yang akan diajukan permintaan pengembalian, klik ikon pengembalian dana pada tab tindakan.

Syarat untuk mengajukan permintaan pengembalian adalah pembeli sudah menerima produk atau barang yang dibeli, mohon perhatikan status pesanan sebelum mengajukan permintaan pembatalan. pengembalian

Pengembalian dana atau penggantian produk Setelah pembeli mengklik ikon ajukan permintaan pengembalian, pembeli akan diarahkan ke halaman ini. Pembeli dapat melihat informasi berikut:

  • Jumlah produk dikembalikan
  • Alasan permintaan
  • Pengembalian produk atau pengembalian dana
  • Komentar.
Syarat untuk mengajukan permintaan pengembalian adalah pembeli sudah menerima produk atau barang yang dibeli, mohon perhatikan status pesanan sebelum mengajukan permintaan pembatalan. permintaan pengembalian
  • Jumlah produk dikembalikan
  • Alasan permintaan
  • Pengembalian produk atau pengembalian dana
  • Komentar.
Syarat untuk mengajukan permintaan pengembalian adalah pembeli sudah menerima produk atau barang yang dibeli, mohon perhatikan status pesanan sebelum mengajukan permintaan pembatalan. ajukan permintaan pengembalian ajukan permintaan

Permintaan pengembalian Pada halaman Permintaan Pengembalian, pembeli dapat melihat daftar permintaan Pengembalian/Penukaran yang diajukan oleh dia. Pada halaman ini Pembeli dapat melihat detail berikut tentang permintaan:

  • Kode
  • Tanggal
  • Nomor Faktur
  • Produk
  • Jumlah Produk dikembalikan
  • Status
  • Tindakan.
pengembalian pembeli

Saat mengklik kode pesanan, Pembeli akan diarahkan ke halaman detail pesanan.
Pada saat mengklik ikon di tab tindakan, Pembeli dapat membalas/mengirim pesan ke penjual. Di halaman ini pembeli dapat melihat informasi berikut:

  • Alamat Penjual - Pembeli dapat melihat alamat penjual jika terjadi pertukaran.
  • Teruskan ke Syoobe - Eskalasikan ke Syoobe. Jika pembeli dan penjual tidak dapat menyelesaikan masalah, mereka dapat melakukan eskalasi ini ke Syoobe.
    Opsi melibatkan Syoobe adalah keputusan terakhir yang harus ditempuh dan pihak Syoobe akan mengambil keputusan 1x24 jam setelah pihak Syoobe mengambil alihnya
teruskan ke syoobe dieskalasi

Cara mengajukan Dieskalasi kasus pengembalian Jika pembeli gagal mendapatkan solusi dalam menyelesaikan permasalahan dengan penjual, pembeli dapat mengajukan dieskalasi ke Syoobe. Klik tombol Teruskan ke Syoobe
Pembeli akan menerima notifikasi jika permintaan berhasil dikirim.

notif pengembalian

Jika pihak pembeli memenangkan kasus dieskalasinya, status akan berubah menjadi DANA DIKEMBALIKAN

halaman pengembalian dana

Dana akan terlihat di saldo transaksi

halaman login halaman login

Cara mengajukan permintaan pembatalan produk Pada halaman dashboard pembeli, pilih dari daftar pembelian yang akan diajukan permintaan pembatalan, klik ikon pembatalan pada tab tindakan.
Syarat untuk mengajukan permintaan pembatalan adalah penjual belum mengirimkan produk atau barang, Pembeli dapat melihat status PESANAN ANDA TELAH DITERIMA, mohon perhatikan status pesanan sebelum mengajukan permintaan pembatalan.

pembatalan

Setelah pembeli mengklik ikon ajukan permintaan pembatalan, Pembeli akan diarahkan ke halaman ini. Pembeli dapat melihat informasi berikut:

  • Menyetujui pembatalan - Pilih alasan dari kolom yang tersedia
  • Komentar.
menyetujui pembatalan halaman login

Permintaan pembatalan Pada halaman Permintaan Pembatalan, pembeli dapat melihat daftar permintaan Pembatalan yang diajukan oleh dia. Pada halaman ini Pembeli dapat melihat detail berikut tentang permintaan:

  • Terima permintaan - Pembeli tidak memiliki wewenang untuk mengakses area ini. Hanya penjual yang memiliki akses untuk menerima permintaan dari pembeli
  • Batalkan permintaan - Pembeli dapat membatalkan permintaan pembatalannya.
  • Kirim pesan - Pembeli dapat mengirim pesan kepada penjual melalui kotak pesan.
kirim pesan status pembatalan

Jika penjual menerima permintaan pembatalan pembeli, Status akan berubah menjadi DISETUJUI

saldo halaman

Dana akan terlihat di saldo transaksi

pembatalan disetujui

Pusat Bantuan. Banyak cara untuk menghubungi pusat bantuan Syoobe, salah satunya adalah mengisi form kontak.
Anda dapat juga membuka Tiket melalui sistem tiket Syoobe atau melalui Live Chat.
Kamu tidak pernah sendiri, beritahu kami jika memerlukan bantuan untuk membantu menemukan solusi atas masalah yang Anda hadapi.

pusat bantuan

Kotak Pesan

Penjual dan pembeli akan memiliki daftar seluruh rangkaian pesan yang diterima dan pesan pertanyaan dikirim oleh pengguna melalui halaman detail produk.

Kotak pesan penjual
Kotak pesan penjual dapat ditemukan pada informasi berikut:

  • 5 Pesan Terbaru
    Di bagian ini penjual akan memiliki daftar pesan terbaru yang diterima.
    kotak pesan

Klik ikon plus(+) untuk melihat detail pesan

lihat pesan

Kotak pesan
Di Dashboard pembeli, pengguna dapat melihat tab KOTAK PESAN. Klik di bagian ini dan pengguna akan di arahkan ke daftar pesan terbaru yang diterima.

dashboard pembeli

Pada halaman ini pengguna juga dapat mencari pesan tertentu dan dapat dengan mudah mengurutkan pesan melalui INBOX, DIKIRIM dan SEMUA tab.

halaman pesan

Video Tutorial


Pembuatan Akun Syoobe

Navigasi Dashboard Pembeli

Navigasi Dashboard Penjual

Produk yang dapat dijual di Syoobe!

Tutorial Berjualan Produk Digital Unduh Instan

Tutorial Berjualan Layanan Jasa

Tutorial Berjualan Aneka Produk

© 2022 Hak Cipta Terpelihara PT Syoobe